Bravofly – Wisata keliling dunia

BLOG WISATA
Home > destinasi > asia > Riau, kota penuh dengan sejarah

asia

Riau, kota penuh dengan sejarah

Riau, kota penuh dengan sejarah
Juli 13
13:55 2016

Pulau Sumatra masih memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satu kotanya adalah Riau. Sebagai salah satu ibukota provinsi Pekanbaru, Riau merupakan salah satu kota bisnis di Indonesia, namun tempat wisata yang bisa anda kunjungi juga tidak kalah banyak dari kota-kota lain di Indonesia.

Apa yang bisa anda lakukan ketika anda berada di kota Riau ini? Simak lebih lanjut.

Masjid Agung An Nur

Masjid yang berbentuk megah ini memiliki perpaduan arsitektur dari India, Melayu, Arab dan Turki. Dan disebut sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru. Bangunan utamanya memiliki ukuran 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya. Masjid ini memiliki 3 lantai yang mampu menampung sekitar 4.500 orang. Selain itu, Masjid ini memiliki 5 buah kubah dan 4 menara. Oiya, pada bulan Ramadhan masjid ini menjadi salah satu tempat untuk ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian.

Wisata Alam Air Terjun Aek Mertua

Lokasi tempat air terjun ini berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Provinsi Riau. Nama yang diambil untuk air terjun ini diambil dari bahasa daerah salah satu suku Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang memiliki arti air bertuah. Yang membuat air terjun ini unik karena memiliki 3 tingkatan, setiap tingkatan memiliki ukuran dan tinggi yang berbeda-beda. Ketinggian bisa mencapai 15 meter hingga 40 meter.

Istana Siak Sri Indrapura

Istana ini merupakan pusat pemerintahan kesultanan Siak pada masa lampau. Istana ini juga menjadi saksi bagi perkembangan Islam di Riau. Dan merupakan kerajaan Islam terbesar dari abad ke-16 hingga abad ke-20. Dibangun pada tahun 1889, bangunan utama ini mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Didalamnya, anda bisa melihat koleksi kerajaan dan juga kamar sultan. Banyak peninggalan bersejarah yang bisa anda lihat disini.

Danau buatan Lembah Sari

Danau buatan yang berlokasi di desa Limbungan yang berjarak 10 km dari kota Pekanbaru. Awalnya, danau ini merupakan sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah-sawah yang berada disekitarnya. Dikelilingi oleh perbukitan, menjadikan tempat ini sejuk dan cocok untuk berpiknik.

Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui sejarah Islam lebih mendalam lagi. Kenapa anda tidak menjadwalkan rencana perjalanan anda ke Riau. Yang pasti banyak penerbangan dari kota-kota besar ke Riau. Cari dan pesan tiket penerbangan dengan harga terbaik di internet.

About Author

admin

admin

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment